PENDAPATAN
Penjualan merupakan satu aspek yang sangat penting dalam urat nadi kehidupan usaha tersebut. Eksistensi dan kesinambungan hidup organisasi usaha sangat tergantung dari kemampuannya menghasilkan arus kas dari penjualan produk yang dihasilkan.
Usaha hotel mempunyai sumber pendapatan utama yang berasal dari penjualan kamar, penjualan makanan dan minuman, penjualan dari outlet-outlet lainnya.
a. Penjualan Kamar
b. Penjualan makanan dan Minuman
c. Penjualan lain-lain dan masing-masing outlet
Karakteristik penjualan pada usaha hotel yaitu:
1. Produk yang dijual merupakan kombinasi antara barang dan jasa.
2. Produk berbentuk barang yang dijual dihasilkan melalui proses produksi.
3. Perusahaan harus mempunyai persediaan kapasitas (capacity stock).
PENJUALAN KAMAR
a. Jenis Pemesanan Kamar
1. Pemesanan Kamar Bergaransi (Guaranteed Reservations)
Yang termasuk pemesanan kamar bergaransi:
- Prepayment
- Advance Deposit
- Travel Agent/Airlines
- Corporate
b. Media Pemesanan Kamar
a. Telepon
b. Surat
c. Telex
d. Faxsimile
e. Go show
c. Sumber-sumber Reservasi
1. Company atau Perusahaan
2. Travel Agent/Biro Perjalanan
3. Airlines Agency/Perusahaan Penerbangan
4. Government/Pemerintahan
5. Airport Representative
6. Hotel Guest/Tamu Hotel
7. Car Rental Company/Perusahaan Penyewaan Mobil
8. Central Reservation System/Sistem Pemesanan Terpusat
9. Individual/Perseorangan
- Bagan Organisasi yang Terlibat:
b. Front Office (FO) dan FO cashier:
c. Bellboy
d. Roomboy
e. Housekeeping
f. Night Audit
g. Income Auditor
h. Account Receivable
i. General Cashier.
- Dokumen yang Digunakan:
v Master bill
v Extra bill
b. Reservation Form
c. Registration Form
d. Registration Card
e. Room Count Sheet
f. Room Sales Recapitulation
g. Remittance of Fund
- Laporan yang Dihasilkan:
2. Daily of Sales disiapkan oleh income auditor yang berisi laporan penjualan keseluruhan
PENJUALAN MAKANAN DAN MINUMAN
- Kelompok Makanan dan Minuman
- Makanan pembuka (Appetizers)
- Sup (Soup)
- Makanan utama (Main course)
- Makanan penutup (Dessets)
b. Minuman
- Minuman keras (Liquer)
- Beer
- Minuman ringan (Soft drink)
- Minuman hangat (Hot beverage)
- Bagian yang Terlibat
b. Food and Beverage (F&B) Cashier
c. Kitchen
d. Income Auditor
e. Night audit
f. FO cashier
- Dokumen yang Digunakan:
b. Restaurant and Bar order: mencatat pesanan tamu
c. Restaurant and Bar bill: mencatat transaksi penjualan makanan dan minuman yang dilakukan tamu dan sebagai bukti tagihan kepada tamu
d. Restaurant and Bar summary of sales: mencatat penjualan makanan dan minuman baik tunai maupun kredit pada masing-masing shift
e. Remittance of Fund: merupakan amplop yang digunakan untuk melaporkan dan menyetorkan hasil penjualan pada hari itu
- Laporan yang Dihasilkan:
b. Daily of Sales disiapkan oleh income auditor yang berisi laporan penjualan keseluruhan
PENERIMAAN KAS
Kas merupakan akun yang penting dalam operasional suatu hotel, tanpa ditunjang dengan kas yang memadai maka akan dapat mengganggu kelancaran aktivitas operasional suatu hotel, karena kas juga sebagai modal kerja yang sangat menunjang kelangsungan aktivitas keseharian suatu hotel.
Penjualan Kamar
Bagian Organisasi yang Terlibat:
a. Front Office (FO) dan FO cashier
b. Night Audit
c. Income Auditor
d. General Cashier.
Dokumen yang Digunakan:
a. Guest bill
b. Room Sales Recapitulation
c. Remittance of Fund
Penjualan Makanan dan Minuman
Bagian Organisasi yang Terlibat :
1.a. F&B cashier
2.b. FO cashier
- Night Audit
- Income Auditor
- General Cashier
Dokumen yang Digunakan:
a. Restaurant and Bar bill: mencatat transaksi penjualan makanan dan minuman yang dilakukan tamu dan sebagai bukti tagihan kepada tamu
b. Restaurant and Bar summary of sales: mencatat penjualan makanan dan minuman baik tunai maupun kredit pada masing-masing shift
c. Remittance of Fund: merupakan amplop yang digunakan untuk melaporkan dan menyetorkan hasil penjualan pada hari itu
Pengumpulan Piutang
Bagian Organisasi yang Terlibat:
- Account Receivable: mencatat penjualan kredit, dan menyiapkan faktur tagihan serta melakukan penagihan
- Collector: melakukan penagihan atas piutang tamu berdasarkan faktur.
- General Cashier: menerima semua hasil penagihan piutang dan melakukan pengecekan kembali dan menyetor uang ke bank.
Dokumen yang Digunakan:
- Guest bill
- Reservation Form
- Agent Voucher
- DPP
- Invoice
- Cash Receipt
Bagian Organisasi yang Terlibat:
a. Reservation
b. Front Office (FO) dan FO cashier:
c. Night Audit:
d. Income Auditor
e. General Cashier
Dokumen yang Digunakan:
a. Cash Receipt
b. Reservation Form
Tidak ada komentar:
Posting Komentar