Sabtu, 10 Januari 2015

ILMU SEPUTAR PERHOTELAN

  • Wisatawan : Orang yang memasuki wilayah suatu negara dengan tujuan apapun asal bukan untuk tinggal menetap atau melakukan usaha yang teratur dan mengeluarkan uangnya di negara yang dikunjungi serta tidak memperoleh uang dari negara tersebut.
  • Ciri-ciri wisatawan: -Perjalanan dilakukan lebih dari 24 jam
-Perjalanan dilakukan hanya untuk sementara waktu
-Orang yang melakukannya tidak mencari nafkah di tempat di negara yang dikunjungi
  • Hotel menurut Hotel Proprietors Act :
Suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman, dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima.
  • Hotel menurut Grolier Electronic Publishing, Inc :
Usaha komersial yang menyediakan tempat menginap, makanan, dan pelayanan lain untuk umum.
  • Karakteristik Hotel :
1.     Usaha musiman
2.     Mempunyai rantai distribusi dan rentang waktu yang pendek
3.     Merupakan industri yang menggunakan tenaga kerja secara intensif
  • Produk/Jasa yang ditawarkan dalam bidang perhotelan :
1.     Room Acomodation
2.     Food & Beverage:
3.     Produk hotel yang tergolong dalam Minor Opperated Department (MOD) antara lain: telpon, laundry.
4.     Produk hotel yang dikelompokkan dalam Other Income (OI) antara lain: ruangan untuk acara banquet (pertemuan), ruangan konfrensi atau siding, ruangan untuk keperluan pertokoan (souvenir), penukaran valuta asing (money changer), kolam renang, diskotik, dan produk yang berbentuk fasilitas olahraga (golf, gymnasium, billiard)
  • Jenis Hotel : (United State Lodging Industry)
1.     Transient Hotel
2.     Residential Hotel
3.     Resort Hotel
  • Penggolongan Hotel :
1.     Penggolongan ditandai dengan bintang (bintang 1 sampai 5)
2.     Penggolongan berdasarkan kondisi phisik, syaratnya:
-        Besar kecil hotel
-        Kualitas, lokasi dan lingkungan bangunan
-        Fasilitas yang dimiliki hotel untuk tamu
-        Kelengkapan peralatan yang tersedia
-        Kualitas bangunan
-        Tata letak ruang dan ukuran ruang
3.     Penggolongan berdasar Operasional/Manajemen:
-        Struktur organisasi, uraian tugas dan manual kerja
-        Tenaga kerja, spesialisasi dan tingkat pendidikan karyawan
4.     Penggolongan berdasar Pelayanan :
-        Keramahan, sopan, dan menggunakan seragam
-        Pelayanan mengacu kepada kebutuhan dan keinginan tamu
-        Pelayanan dibuka selama 24 jam
  • Menurut BPS, tarif kamar dibedakan menjadi :
1.     Tarif kamar per room tarif:
2.     Tarif kamar per person tarif:
-   Seasional Rates
-   Week-End Rates
-   Family Plan Rates
-   Group Rates
-   Commercial Rates
-   Airlines Rates
-   Day Rates
-   Travel Agencies Rates
-   Over Flow Rates
-   Sistem Plan Rates
Harga kamar yang ditetapkan berdasarkan atas fasilitas yang diminta
Tamu yang membayar hanya untuk harga kamar (European Plan)
Tamu yang membayar fasilitas kamar dan makan (American Plan)
  • Cara Pemasaran jasa yang ditawarkan oleh hotel :
1.     Outside Selling (Luar)
2.     Inside Selling (Dalam)
  • Daftar Rekening (Chart of Account):
Rekening pada dasarnya dapat digolongkan menjadi:
1.     Rekening riil (Riil accounts)
Rekening yang merupakan unsur-unsur dalam penyusunan sebuah neraca yang terdiri dari aktiva/harta, utang dan modal.
2.     Rekening Nominal (Nominal accounts)
Rekening yang merupakan unsur-unsur dalam penyusunan sebuah laporan L/R yang terdiri dari pendapatan/penjualan dan biaya dan Harga Pokok Penjualan.
  • Struktur Organisasi Hotel:
1.     Front Office Depatment
2.     Housekeeping Department
3.     F&B Department
Departemen ini dibadi menjadi 2:
a.      F&B Production
b.     F&B Service
4.     Sales&Marketing Department
5.     Accounting Department
6.     Human Resources Department
7.     Engineering Department
8.     Security Department

Tidak ada komentar:

Posting Komentar