- Wisatawan : Orang yang memasuki wilayah suatu negara dengan tujuan apapun asal bukan untuk tinggal menetap atau melakukan usaha yang teratur dan mengeluarkan uangnya di negara yang dikunjungi serta tidak memperoleh uang dari negara tersebut.
- Ciri-ciri wisatawan: -Perjalanan dilakukan lebih dari 24 jam
-Orang yang melakukannya tidak mencari nafkah di tempat di negara yang dikunjungi
- Hotel menurut Hotel Proprietors Act :
- Hotel menurut Grolier Electronic Publishing, Inc :
- Karakteristik Hotel :
2. Mempunyai rantai distribusi dan rentang waktu yang pendek
3. Merupakan industri yang menggunakan tenaga kerja secara intensif
- Produk/Jasa yang ditawarkan dalam bidang perhotelan :
2. Food & Beverage:
3. Produk hotel yang tergolong dalam Minor Opperated Department (MOD) antara lain: telpon, laundry.
4. Produk hotel yang dikelompokkan dalam Other Income (OI) antara lain: ruangan untuk acara banquet (pertemuan), ruangan konfrensi atau siding, ruangan untuk keperluan pertokoan (souvenir), penukaran valuta asing (money changer), kolam renang, diskotik, dan produk yang berbentuk fasilitas olahraga (golf, gymnasium, billiard)
- Jenis Hotel : (United State Lodging Industry)
2. Residential Hotel
3. Resort Hotel
- Penggolongan Hotel :
2. Penggolongan berdasarkan kondisi phisik, syaratnya:
- Besar kecil hotel
- Kualitas, lokasi dan lingkungan bangunan
- Fasilitas yang dimiliki hotel untuk tamu
- Kelengkapan peralatan yang tersedia
- Kualitas bangunan
- Tata letak ruang dan ukuran ruang
3. Penggolongan berdasar Operasional/Manajemen:
- Struktur organisasi, uraian tugas dan manual kerja
- Tenaga kerja, spesialisasi dan tingkat pendidikan karyawan
4. Penggolongan berdasar Pelayanan :
- Keramahan, sopan, dan menggunakan seragam
- Pelayanan mengacu kepada kebutuhan dan keinginan tamu
- Pelayanan dibuka selama 24 jam
- Menurut BPS, tarif kamar dibedakan menjadi :
2. Tarif kamar per person tarif:
- Seasional Rates
- Week-End Rates
- Family Plan Rates
- Group Rates
- Commercial Rates
- Airlines Rates
- Day Rates
- Travel Agencies Rates
- Over Flow Rates
- Sistem Plan Rates
Harga kamar yang ditetapkan berdasarkan atas fasilitas yang diminta
Tamu yang membayar hanya untuk harga kamar (European Plan)
Tamu yang membayar fasilitas kamar dan makan (American Plan)
- Cara Pemasaran jasa yang ditawarkan oleh hotel :
2. Inside Selling (Dalam)
- Daftar Rekening (Chart of Account):
1. Rekening riil (Riil accounts)
Rekening yang merupakan unsur-unsur dalam penyusunan sebuah neraca yang terdiri dari aktiva/harta, utang dan modal.
2. Rekening Nominal (Nominal accounts)
Rekening yang merupakan unsur-unsur dalam penyusunan sebuah laporan L/R yang terdiri dari pendapatan/penjualan dan biaya dan Harga Pokok Penjualan.
- Struktur Organisasi Hotel:
2. Housekeeping Department
3. F&B Department
Departemen ini dibadi menjadi 2:
a. F&B Production
b. F&B Service
4. Sales&Marketing Department
5. Accounting Department
6. Human Resources Department
7. Engineering Department
8. Security Department
Tidak ada komentar:
Posting Komentar