Sabtu, 10 Januari 2015

HOUSEKEEPING



Tata Graha / Housekeeping Department
    Kata Housekeeping berasal dari dua kata yaitu : “ house dan keep “. House yang artinya : rumah, wisma, hotel. Sedangkan Keep yang artinya : merawat, memelihara atau menjaga. Jadi pengertian Housekeeping adalah : bagian atau departemen yang bertugas untuk mengatur dan menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya. Area yang menjadi tanggung jawab dalam operasional Housekeeping Department adalah :
- Guest room / kamar tamu hotel
- Coridor
- Lobby dan Public Restroom
- Kolam renang dan area sekitarnya
- Kantor-kantor manajemen
- Area gudang / store
Linen room
- Laundry room
- Area belakang hotel seperti locker / ruang ganti karyawan serta car park
- Seksi Housekeeping Department

a.  Housekeeping Office Section
     Membantu data inventori linen pada saat setiap akhir tahun dan melaporkan kebutuhan kekurangan linen untuk dibuatkan Purchase Request.
Mengurus administrasi dan komunikasi seluruh kegiatan diHousekeeping Department.

a.      Floor / Room Section
              Section ini dikepalai oleh floor supervisor yang mempunyai tanggung
jawab untuk mengkordinir dan mengawasi pekerjaan setiap bawahannya dan menjaga keawetan peralatan kerja serta menjaga terpeliharanya hubungan antara karyawan yang satu dengan yang lain. Floor supervisor mempunyai bawahan yaitu roomboy yang mempunyai tanggung jawab untuk membersihkan kamar.

c. Houseman section
              Section ini dikepalai oleh Houseman yang mempunyai tanggung jawab untuk mengkoordinir dan mengawasi pekerjaan bawahannya dan menjaga keawetan peralatan kerja serta menjaga terpeliharanya hubungan antara karyawan yang satu dengan yang yang lain. Houseman Supervisor mempunyai bawahan yaitu houseman

d.      Linen and Uniform Section.
          Section ini dikerjakan oleh seorang linen boy yang tugasnya antara lain:
Mengatur linen-linen yang sudah bersih dan menempatkan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Mengumpulkan linen-linen dari housekeeping dan mengantarkan ke laundry. Membuat laporan persediaan linen setiap hari.

e.Garden Section
        Garden Setion mempunyai tugas untuk menjaga dan keindahan taman
taman yang berada diarea hotel agar tercipta suasana yang nyaman dan juga menyiapkan dan membuat mini garden untuk event-event tertentu.
Section ini dikepalai oleh lands caper dan para petugasnya disebut gardener.

f. Swimming pool section
               Memelihara kebersihan, keindahan dan kerapian area kolam.
Melayani, menjaga keselamatan perenang dan tamu lain diarea kolam renang.Membantu F & B depertment dalam mengorder makanan dan minuman dari perenang dan tamu lain. Melalui test kwalitas air setiap hari.


g. Florist section
    Mengadakan program penggantian bunga untuk FO, Bar & Restaurant dan lobby.

Hubungan antara housekeeping dengan department lainnya

1.      Hubungan Housekeeping dengan Front Office Department
          Front office bertugas menyediakan data kamar-kamar yang akan digunakan atau diisi oleh tamu, sedangkan Housekeeping meyediakan laporan status dan kondisi kamar yang dapat digunakan oleh Front Office untuk melakukan blocking pemesanan kamar

2.      Hubungan Housekeeping dengan Engineering Department
               Engineering bertanggung jawab terhadap perawatan atau perbaikan atas kerusakan atau permasalahan interior dan eksterior serta peralatan dan property yang terjadi baik dikamr-kamar tamu maupun public area agar kerusakan dapat segera ditangani dengan baik dan cepat. Housekeeping membantu melaporkan kepada engineering dengan maintenance request-nya atas segala peralatan/perlengkapan yang perlu diperbaiki.

3. Hubungan Housekeeping dengan Security Department
            Berkordinasi apabila terjadi hal-hal yang perlu melakukan pemeriksaan, seperti keamanan seluruh area dan keselamatan tamu di kamar. Dalam kasus kehilangan barang di kamar, maka housekeeping akan meminta bantuan security untuk melakukan investigasi dan introgasi untuk mencari solusi, juga apabila perlu melakukan pemeriksaan kamar-kamar yang dicurigai atau memeriksa kondisi tamu kamar yang terkunci atau berstatus do not disturb

4. Hubungan Housekeeping dengan Food and Beverage Department
               Housekeeping melakukan pemeliharaan dan pembersihan area-area Food and Beverage outlet, seperti restaurant, bar, ruang rapat dan sebagainya, termasuk menyediakan linen bersih yang diperlukan.
5. Hubungan Housekeeping dengan Human Resources Development
               Pihak personalia membantu penyediaan proses rekrutmen karyawan baru dan pendataan karyawan dan program orientasi dan pelatihan, konseling karyawan serta menangani gaji karyawan.

6. Hubungan Housekeeping dengan Accounting Department
           Accounting department mencatat jumlah pengeluaran bagi keperluan housekeeping department dan juga penggunaan barang-barang bagi keperluan pada housekeeping department.

7. Hubungan Housekeeping dengan Marketing Department
            Pihak marketing banyak melakukan promosi kepada biro perjalanan dalam  usahanya untuk meningkatkan penjualan kamar-kamar.


1 komentar: