Tata
Graha / Housekeeping Department
Kata Housekeeping
berasal dari dua kata yaitu : “ house
dan keep “. House yang artinya :
rumah, wisma, hotel. Sedangkan Keep
yang artinya : merawat, memelihara atau menjaga. Jadi pengertian Housekeeping adalah : bagian atau
departemen yang bertugas untuk mengatur dan menata peralatan, menjaga
kebersihan, memperbaiki kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel
tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya. Area yang menjadi
tanggung jawab dalam operasional Housekeeping Department adalah :
-
Guest room / kamar tamu hotel
-
Coridor
- Lobby dan Public Restroom
-
Kolam renang dan area sekitarnya
-
Kantor-kantor manajemen
-
Area gudang / store
- Linen room
- Laundry room
-
Area belakang hotel seperti locker /
ruang ganti karyawan serta car park
-
Seksi Housekeeping Department
a.
Housekeeping
Office Section
Membantu data inventori linen pada saat
setiap akhir tahun dan melaporkan kebutuhan kekurangan linen untuk dibuatkan
Purchase Request.
Mengurus administrasi dan komunikasi seluruh kegiatan diHousekeeping Department.
Mengurus administrasi dan komunikasi seluruh kegiatan diHousekeeping Department.
a.
Floor / Room Section
Section ini dikepalai oleh floor
supervisor yang mempunyai tanggung
jawab untuk mengkordinir dan mengawasi pekerjaan setiap bawahannya dan menjaga keawetan peralatan kerja serta menjaga terpeliharanya hubungan antara karyawan yang satu dengan yang lain. Floor supervisor mempunyai bawahan yaitu roomboy yang mempunyai tanggung jawab untuk membersihkan kamar.
jawab untuk mengkordinir dan mengawasi pekerjaan setiap bawahannya dan menjaga keawetan peralatan kerja serta menjaga terpeliharanya hubungan antara karyawan yang satu dengan yang lain. Floor supervisor mempunyai bawahan yaitu roomboy yang mempunyai tanggung jawab untuk membersihkan kamar.
c. Houseman
section
Section
ini dikepalai oleh Houseman yang mempunyai tanggung jawab untuk mengkoordinir
dan mengawasi pekerjaan bawahannya dan menjaga keawetan peralatan kerja serta
menjaga terpeliharanya hubungan antara karyawan yang satu dengan yang yang
lain. Houseman Supervisor mempunyai bawahan yaitu houseman
d. Linen
and Uniform Section.
Section ini dikerjakan oleh seorang
linen boy yang tugasnya antara lain:
Mengatur linen-linen yang sudah bersih dan menempatkan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Mengumpulkan linen-linen dari housekeeping dan mengantarkan ke laundry. Membuat laporan persediaan linen setiap hari.
Mengatur linen-linen yang sudah bersih dan menempatkan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Mengumpulkan linen-linen dari housekeeping dan mengantarkan ke laundry. Membuat laporan persediaan linen setiap hari.
e.Garden Section
Garden
Setion mempunyai tugas untuk menjaga dan keindahan taman
taman yang berada diarea hotel agar tercipta suasana yang nyaman dan juga menyiapkan dan membuat mini garden untuk event-event tertentu.
Section ini dikepalai oleh lands caper dan para petugasnya disebut gardener.
taman yang berada diarea hotel agar tercipta suasana yang nyaman dan juga menyiapkan dan membuat mini garden untuk event-event tertentu.
Section ini dikepalai oleh lands caper dan para petugasnya disebut gardener.
f. Swimming pool section
Memelihara
kebersihan, keindahan dan kerapian area kolam.
Melayani, menjaga keselamatan perenang dan tamu lain diarea kolam renang.Membantu F & B depertment dalam mengorder makanan dan minuman dari perenang dan tamu lain. Melalui test kwalitas air setiap hari.
Melayani, menjaga keselamatan perenang dan tamu lain diarea kolam renang.Membantu F & B depertment dalam mengorder makanan dan minuman dari perenang dan tamu lain. Melalui test kwalitas air setiap hari.
g.
Florist section
Mengadakan
program penggantian bunga untuk FO, Bar & Restaurant dan lobby.
Hubungan antara housekeeping dengan
department lainnya
1. Hubungan
Housekeeping dengan Front Office Department
Front office bertugas menyediakan data
kamar-kamar yang akan digunakan atau diisi oleh tamu, sedangkan Housekeeping
meyediakan laporan status dan kondisi kamar yang dapat digunakan oleh Front
Office untuk melakukan blocking pemesanan kamar
2. Hubungan
Housekeeping dengan Engineering Department
Engineering
bertanggung jawab terhadap perawatan atau perbaikan atas kerusakan atau
permasalahan interior dan eksterior serta peralatan dan property yang terjadi
baik dikamr-kamar tamu maupun public area agar kerusakan dapat segera ditangani
dengan baik dan cepat. Housekeeping membantu melaporkan kepada engineering
dengan maintenance request-nya atas segala peralatan/perlengkapan yang perlu diperbaiki.
3.
Hubungan Housekeeping dengan Security Department
Berkordinasi apabila terjadi hal-hal
yang perlu melakukan pemeriksaan, seperti keamanan seluruh area dan keselamatan
tamu di kamar. Dalam kasus kehilangan barang di kamar, maka housekeeping akan
meminta bantuan security untuk melakukan investigasi dan introgasi untuk
mencari solusi, juga apabila perlu melakukan pemeriksaan kamar-kamar yang
dicurigai atau memeriksa kondisi tamu kamar yang terkunci atau berstatus do not
disturb
4.
Hubungan Housekeeping dengan Food and Beverage Department
Housekeeping melakukan
pemeliharaan dan pembersihan area-area Food and Beverage outlet, seperti
restaurant, bar, ruang rapat dan sebagainya, termasuk menyediakan linen bersih
yang diperlukan.
5.
Hubungan Housekeeping dengan Human Resources Development
Pihak personalia
membantu penyediaan proses rekrutmen karyawan baru dan pendataan karyawan dan
program orientasi dan pelatihan, konseling karyawan serta menangani gaji
karyawan.
6.
Hubungan Housekeeping dengan Accounting Department
Accounting department mencatat jumlah
pengeluaran bagi keperluan housekeeping department dan juga penggunaan
barang-barang bagi keperluan pada housekeeping department.
7.
Hubungan Housekeeping dengan Marketing Department
Pihak marketing banyak
melakukan promosi kepada biro perjalanan dalam usahanya untuk meningkatkan penjualan
kamar-kamar.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus