1. Cara membersihkan kamar check out
Pramugraha mengetahui kamar check out dari pembagian kerja
(Work Plan), yang dibuat oleh Supervisor, atau atas dasar pemberitahuan dari
Kantor Depan hotel (Front Desk). Kamar yang telah check out harus segera
dibersihkan karena akan dijual kembali, hal ini tentunya dilakukan apabila
tingkat penjualan kamar sedang tinggi, namun apabila masih banyak kamar–kamar
yang kosong dan siap untuk dijual, pramugraha harus membersihkan kamar yang ada
tamunya terlebih dahulu. Adapun SOP (Standard Operational Procedure) pada saat
pembersihan Check out Room, adalah:
-
Tempatkan Trolley Cart tepat di depan pintu kamar
yang akan
dibersihkan (jangan menghalangi Corridor) dan pasang tanda Room Being Service di depan pintu.
- Ketuk pintu terlebih dahulu (3 kali)
dengan mengucapkan “Housekeeping” untuk meyakinkan apakah tamu benar–benar
sudah keluar atau belum. Bila
tidak ada jawaban buka pintu dengan menggunakan Card Key.
- Setelah dibuka
yakinkan kembali kemungkinan tamu masih ada didalam kamar mandi, bila sudah
benar–benar kosong mulailah dengan terlebih dahulu menyalakan lampu, untuk menerangi
dan untuk mengetahui apabila ada lampu yang mati.
- Buka tirai jendela.
-
Periksa sekeliling kamar, apabila ada barang tamu yang
tertinggal laporkan kepada Floor Supervisor dan informasikan
kepada
Desk Clerk.
- Periksa Minibar Items
yang terdapat pada Refrigerator apabila tidak lengkap, segera
informasikan hal tersebut kepada Mini Bar Posting Attendant agar Minibar Items
dilengkapi kembali.
- Periksa Safety Deposit Box, apabila dalam keadaan terkunci, informasikan
kepada Front Desk untuk dibuka oleh Duty Manager.
- Kumpulkan peralatan Room Service (bila ada)
dan letakkan depan kamar, lalu telepon ke bagian Room Service untuk diambil.
- Buang sampah dari semua tempat sampah di dalam kamar ke kantung sampah
di trolley.
- Kumpulkan asbak
dan gelas–gelas kotor yang ada dan buang kotorannya ke kantung sampah di trolley, kemudian rendam di wash basin dengan air hangat.
- Kumpulkan seluruh Linen
yang kotor yang ada di kamar, bawa ke Trolley
Cart untuk disimpan dikantong linen
kotor. Kemudian bawa
linen bersih sejumlah yang diperlukan.
-
Mulailah making the bed.
- Letakkan bed
sheet sesuai dengan ukuran ( king,
queen atau single )
-
Buka bed sheet dengan lipatan
tengah tepat pada bagian tengah bed sehingga
simetris.
- Melipat bagian atas ke bawah mattress, sisa sheet di kiri dan kanan bed dilipat ke bawah mattress membentuk 45
derajat.
-
Masukkan duve ke dalam duve cover. Tebarkan di atas bed sheet, ujung kiri-kanan duve sejajar
dengan lebar matrress demikian pula
dengan ujung bawah.
- Rapikan
dan kencangkan duve sampai rapi
- Pasang pillow
case
- Setelah merapikan tempat tidur, cuci asbak
dan gelas – gelas kotor yang telah di rendam air hangat, kemudian keringkan.
-
Lanjutkan dengan membersihkan kamar mandi, bagian pertama yang akan dibersihkan
adalah
: wash bashin
-
Wash basin yang akan dibersihkan di beri obat pembersih yaitu MPC (Multi
Purpose Cleaner ), gosok semua bagian antara lain surface, stopper dan stopper devicedengan scoot bright hingga
bersih.
- Bilas dengan air hangat.
-
Bersihkan glass surface dengan menggunakan glass cleaner secara merata, gosok
dengan OO towel serta bersihkan dengan dust
cloth yang bersih.
-
Keringkan semua bagian wash basin
yang telah dibersihkan dengan OO towel
-
Siram toilet bowl dengan air
-
Beri obat pembersih yaitu R6, gosok ke semua bagian toilet bowl. Gosok semua bagian toilet
bowl dengan menggunakan toilet brush.
-
Siram kembali dengan air, kemudian keringkan dengan menggunakan OO towel
-
Basahi shower glass dengan air hangat, beri obat pembersih yaitu MPC atau Glass Cleaner.
-
Beri obat pembersih pula pada dinding shower
room
-
Gosok shower glass dengan sponge kemudian gosok dinding shower room, shower controller dan drainage hole dengan scoot
bright.
-
Bilas shower glass, dinding dan semua
bagian yang sudah digosok dengan menggunakan air hangat.
-
Keringkan dengan OO towel
-
Letakan kembali ke tempat
semula asbak,
gelas minuman, dan tempat sampah, yang semuanya dalam keadaan sudah dibersihkan
dan benar–benar bersih.
-
Lengkapi
kamar mandi dengan
perlengkapan
yang diperlukan seperti : Bath Towel,
Hand Towel, Face Towel, Bath Mat, Bath Robe, Bath Soap, Bath Gel, Shampoo,
Conditioner, Shower Cap, Dental Kit, Body Lotion, Sanitary Bag, Tissue Roll,
dan Tissue Box.
-
Lengkapi kembali Guest Amenities dan Stationary yang disediakan
hotel seperti: Letter, Envelope, Guest
Comment, Fax Letter, Tea Set Amenities, Matches,
dan Hotel Information.
- Wiping seluruh furniture kamar searah jarum jam.
-
Setelah selesai mengerjakan hal–hal tersebut, bersihkan karpet dari debu dengan
menggunakan Mesin Penghisap Debu (Vacuum
Cleaner).
- Bila pekerjaan kamar telah selesai,
periksa sekali lagi untuk meyakinkan bahwa kamar benar–benar sudah bersih dan
rapi, kemudian tutup tirai jendela sesuai dengan SOP.
- Informasikan
kepada Desk Clerk mengenai Room Status, agar Ready to Sell dan
terakhir tutup dan kunci kamar kemudian isi Room Attendant Report.
2. 2. Cara
membersihkan occupied room
- Ketuk Pintu kamar 3 kali,
bila ada jawaban minta izin tamu untuk membersihkan kamarnya dan bila tidak ada
jawaban buka pintu dengan Key card.
- Setelah dibuka yakinkan
kembali kemungkinan tamu masih ada didalam kamar mandi, bila sudah benar–benar
kosong mulailah dengan menyalakan lampu kamar dan untuk mengetahui apabila ada
lampu yang mati.
- Buka
tirai jendela, kemudian matikan kembali lampu kamar.
- Periksa
sekeliling kamar, apabila ada
barang berharga di dalam kamar, laporkan kepada
Desk Clerk sebagai Room Finding.
- Periksa Mini Bar
Items yang terdapat pada Refrigerator
apabila tidak lengkap, segera informasikan hal tersebut kepada Mini Bar Posting Attendant agar segera dimasukkan kedalam Bill tamu tersebut, dan Mini Bar dilengkapi
kembali oleh Mini Bar Runner.
- Kumpulkan peralatan Room Service apabila ada, lalu telepon
ke bagian Room Service untuk
mengambilnya.
-
Apabila tamu meminta atau terdapat pakaian kotor yang akan dicuci,
telepon Laundry (Valet) untuk mengambilnya, Room
Maid juga bertugas memeriksa laundry semua Occupied Guest
Room sesuai dengan Assignment yang telah
diberikan sebelum pukul
10.30 terkecuali untuk kamar yang memasang
DND Sign (Do
Not Disturb).
- Buang sampah dari semua tempat sampah di dalam kamar ke kantung sampah
di trolley.
- Kumpulkan
asbak dan gelas–gelas kotor yang ada dan buang kotorannya ke kantung sampah di trolley, kemudian rendam di wash basin dengan air hangat.
- Kumpulkan seluruh
Linen yang kotor yang ada di kamar, bawa ke Trolley Cart untuk disimpan dikantong
linen kotor. Kemudian bawa
linen bersih sejumlah yang
diperlukan.
- Mulailah making bed.
- Letakkan
bed sheet sesuai dengan ukuran ( king, queen atau single )
- Buka bed sheet dengan lipatan tengah tepat
pada bagian tengah bed sehingga
simetris.
- Melipat
bagian atas ke bawah mattress, sisa sheet di kiri dan kanan bed dilipat ke bawah mattress membentuk
45 derajat.
- Masukkan
duve ke dalam duve cover. Tebarkan di
atas bed sheet, ujung kiri-kanan duve
sejajar dengan lebar matrress,
demikian pula dengan ujung bawah.
- Rapikan dan kencangkan duve sampai
rapi
- Pasang pillow case
- Setelah merapikan tempat tidur, cuci asbak
dan gelas–gelas kotor yang telah di rendam di air hangat, kemudian keringkan.
- Lanjutkan dengan membersihkan kamar mandi mulai
dari :Wash Basin
- Wash
basin yang akan dibersihkan di beri obat pembersih yaitu MPC (Multi Purpose Cleaner ), gosok semua
bagian antara lain surface, stopper
dan stopper device dengan scoot bright
hingga bersih.
- Bilas dengan air hangat.
-
Bersihkan glass surface dengan
menggunakan glass cleaner secara
merata, gosok dengan OO towel serta
bersihkan dengan dust cloth yang bersih.
-
Keringkan semua bagian wash basin yang telah dibersihkan dengan OO towel
- Siram toilet bowl dengan air
- Beri
obat pembersih yaitu R6, gosok ke semua bagian toilet bowl. Gosok semua bagian toilet
bowl dengan menggunakan toilet brush.
-Siram kembali dengan air, kemudian keringkan
dengan menggunakan OO towel
-
Basahi shower glass dengan air hangat, beri obat pembersih yaitu MPC atau Glass Cleaner.
- Beri
obat pembersih pula pada dinding shower
room
-
Gosok shower glass dengan sponge kemudian gosok dinding shower room, shower controller dan drainage
hole dengan scoot bright.
- Bilas
shower glass, dinding dan semua
bagian yang sudah digosok dengan menggunakan air hangat.
- Keringkan
dengan OO towel
- dan yang terakhir dinding dan lantai kamar mandi. Susunlah
barang–barang milik tamu dengan rapi.
- Letakan kembali ke tempat
semula asbak, gelas minum, tempat sampah,
yang semuanya dalam keadaan sudah dibersihkan dan benar–benar bersih.
- Lengkapi kamar mandi dengan
perlengkapan yang diperlukan
seperti: Bath Towel, Hand Towel, Face
Towel, Bath Mat, Bath Robe, Bath Soap, Bath Gel, Shampoo, Conditioner, Shower
Cap, Sewing Kit, Body Lotion, Sanitary
Bag, Tissue Roll, dan Tissue Box.
- Lengkapi kembali Guest Amenities dan Stationary yang disediakan hotel seperti: spa days, Guest Comment, Fax Letter, Tea Set Amenities,
Matches, dan Hotel Information.
- Wiping seluruh furniture kamar searah jarum jam
dan susunlah barang–barang milik tamu dengan rapi tanpa merubah tempatnya.
- Setelah selesai mengerjakan
hal–hal tersebut, bersihkan karpet dari debu dengan menggunakan Mesin Penghisap
Debu (Vacuum Cleaner)
- Bila pekerjaan kamar telah
selesai, periksa sekali lagi untuk meyakinkan bahwa kamar benar–benar sudah
bersih dan rapi, kemudian tutup tirai jendela sesuai dengan SOP.
- Informasikan
kepada Desk Clerk mengenai Room Status, agar menjadi Occupied Clean dan terakhir tutup dan kunci kamar kemudian isi Room
Attendant Report.
terimakasih, ini sangat membantu saya :)
BalasHapusterimakasih, ini sangat membantu saya :)
BalasHapusOke kk
BalasHapusTrimakasih ini membantu sekali buat saya
BalasHapusGood. Sangat membantu.
BalasHapusbrapa waktu yang biasanya diperlukan untuk :
BalasHapus- unit studio ukuran 30m2 1 bed queen
- unit studio ukuran 36m2 2 bed susun queen
- tipe 2 kamar 2 bed Queen
- tipe 2 kamar 1 bed queen 2 bed 120cm
thanks
teorinya dari siapa aja itu room dirty & occupied?
BalasHapusObat Aborsi
BalasHapusObat Aborsi Cytotec Asli
Jual Obat Telat Bulan
http://lapakobataborsi.com/
Jual Obat Aborsi Ampuh Cytotec Obat Penggugur Kandungan Janin
Obat Penggugur Kandungan
Obat Aborsi
Jual Obat Aborsi Cytotec Ampuh
http://lapakobataborsi.net/
Obat Aborsi
Obat Aborsi Asli
Jual Cytotec Obat Aborsi Ampuh Dan Tuntas
http://hokyshoop.com/
INFO Pemesanan Hubungi Kami
SMS : 0822 4236 1182 – WA : 0822 4236 1182
Terima kasih atas sharingnya, sangat bermanfaat ^_^
BalasHapussekedar berbagi untuk SOP tamu check-in dan check-out menggunakan software hotel bisa disimak di blog Armadillo Hotel tentang Standard Operating Procedure Guest Check-in & Check-out
Sangat membantu
BalasHapusTrimkasih kak ini sangat membantu,tapi saya mau nanya perbedaan turn down service dan pembersihan kamar setelah tamu check out apa ya?🙏
BalasHapus